You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Ciherang

Kec. Nagreg, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat

Pelatihan Pengolahan Sampah Berskala Rumah Tangga


Pelatihan Pengolahan Sampah Berskala Rumah Tangga

Pelatihan Pengolahan Sampah

Salah Satu Faktor yang menyebabkan rusaknya lingkungan hidup sampai saat ini adalah Sampah.Plastik telah menjadi sampah berbahaya dan sulit di kelola.Diperlukan beberapa tahun lamanya untuk bisa membuat sampah plastik terurai dan menyatu kedalam tanah.Berbagai upaya untuk menekan penggunaan kantong plastik telah di lakukan oleh beberapa Negara.Sampah Kantong plastik sudah menjadi musuh serius bagi kelestarian lingkungan hidup ,Jika sampah kantong plastik itu dibakar sampah itupun akan secara signifikan menambah kadar gas rumah kaca di atmosfer.

Melihat hal tersebut ,Pemerintah Desa Ciherang merasa perlu ambil bagian dalam upaya penanganan masalah sampah plastik ini.Dengan didampingi oleh narasumber yang berkompeten dalam membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada dimasyarakat selama ini .Melalui Pelatihan Pengolahan Sampah Rumah Tangga ini , Pemerintah Desa Ciherang berharap dapat memajukan dan meningkatkan ekonomi masyarakat di setiap daerah.

Berkaitan dengan peningkatan ekonomi masyarakat ,sampah sebenarnya bisa menjadi ladang bisnis bagi mereka yang memikirkan.Sampah Dapat ditemukan dengan mudah dimana-mana,baik sampah yang sudah masuk kedalam bak sampah atau yang masih tergeletak ditanah ,tanpa ada yang peduli dengan kondisi itu.Padahal bila kita mengolah sampah tersebut dengan tepat barang yang dulunya dianggap sampah bisa menjadi sumber penghasilan .

Beberapa Solusi Pengendalian Sampah
1. LCO ( Lubang Cerdas Organik)
2. Resapan Air Permanen
3. Pemanfaatan Hasil Sampah Organik
4. Daur Ulang Sampah
5. Pemanfaatan Sampah Kemasan
6. Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga Non Organik

Tujuan dari Upaya Mengoptimalkan Nilai Sampah
1. Menciptakan Lingkungan Sehat Bersih Hijau dan Asri
2. Mengurangi Jumlah sampah Ke TPA
3. Mengubah Prilaku Masyarakat
4. Mengedukasi Masyarakat Peduli Lingkungan dan Berorganisasi
5. Meningkatkan Kreatifitas
6. Memberikan keuntungan bagi penghasil sampah

Dokumen Lampiran Sampah Rumah Tangga
Bagikan artikel ini:
Komentar