You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Ciherang

Kec. Nagreg, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa Tahun 2019


Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa Tahun 2019

Senin, 21  Januari 2019

Musrenbang adalah kegiatan rutin tahunan dalam upaya menyusun perencanaan melalui penjaringan aspirasi masyarakat dalam menentukan prioritas yang menjadi permasalahan di desa. Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa adalah forum musyawarah tahunan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah desa yang didasarkan pada masukan dari desa, serta menyepakati rencana kegiatan desa di Desa Ciherang.Masukan ini penting sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Desa yang akan diajukan kepada SKPD yang berwenang sebagai dasar Penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah kabupaten/kota pada tahun berikutnya.

1.Peserta
Peserta Musrenbang RKPD dan RKPDes 2019 diharapkan diikuti lebih 120 orang peserta dengan mengundang unsur Pemerintahan Desa, BPD, LPMD, PKK, MUI, Ketua RT,Ketua RW, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna, dan Kelompok Tani.

2.Agenda kegiatan
Rangkaian kegiatan Musrenbang RKPD dan RKPDes Desa Ciherang tahun 2019 telah dimulai dengan rangkaian kegiatan :
a.Musyawarah Dusun, yang dilaksanakan pada tanggal 18 s.d 21 Desember 2018 di wilayah Dusun 1 sampai Dusun IV. yang diikuti oleh Masyarakat di setiap Dusun;

b.PRA MUSRENBANG dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2018 di Kantor Desa Ciherang, diikuti oleh Pemerintahan Desa, BPD, LPMD, PKK, MUI, Ketua RT,Ketua RW, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna, dan Kelompok Tani.

3.Tujuan Pelaksanaan
a.Untuk mengetahui arah kebijakan dan program prioritas di Kabupaten Bandung, terkait yang hadir pada hari ini Menyerap usulan program/kegiatan yang menjadi kewenangan Desa dan kabupaten .
b.Tersusunnya Rancangan RKPD Kabupaten Bandung dan RKPDes Desa Ciherang Tahun Anggaran 2020.

4.Keluaran pelaksanaan
-Sinkronisasi program dan kegiatan prioritas pembangunan pemerintah Desa dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan Kabupaten.

5. Tema
Tema Musrenbanng Kabupaten Bandung tahun 2019 adalah “Pemantapan Kabupaten Bandung yang maju, Mandiri, dan Berdaya Saing dalam Lingkungan Wilayah Regional dan Nasional”

 

 

Bagikan artikel ini:
Komentar